.
RSS

Profil


SUBUR GROUP adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa boga atau kuliner yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman. Perusahaan ini termasuk dalam golongan perusahaan menengah ( UKM ) karena masih berbentuk CV. Subur Group tersebar di berbagai daerah di Kalimantan selatan, antara lain : di Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura, dan Tanah Laut. Subur Group terdiri dari 3 golongan atau bentuk menurut besar kecilnya Outlet. Bentuk yang pertama adalah Rumah Makan yang termasuk type Golongan Besar ada 3 tempat ( di seberang Bandara Syamsudin Noor, jalan Rahayu samping STM YPK Banjarbaru, dan di Jalan Mistarcokrokusumo Sungai Besar ). Bentuk yang kedua adalah rumah makan yang termasuk type Golongan Sedang ada 2 tempat ( di jalan Karanganyar  Amako ( Solo in Amako )dan di jalan A. Yani KM 20 Loktabat ( Solo In Loktabat ). Sedangkan bentuk yang ketiga adalah type depot / warung mie ayam dan bakso saja ada 15 cabang yang tersebar di Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura, dan Tanah Laut.



AWAL SEJARAH SUBUR GROUP
Subur Group berdiri pada mula akhir tahun 1995, ada seorang laki –laki yang berasal dari kabupaten Grobogan Jawa Tengah yang merantau ke negeri Kalimantanyaitu di Banjarbaru. Saat itu hanya berawal dari warung kaki lima yang dikasih terpal / deklit yang mangkal di sebelah timur bundaran simpang empat Banjarbaru. Pada saat itu aktivitas warga dan kondisi lingkungan belum terlalu ramai seperti sekarang ini. Awalnya hanya berjualan mie ayam saja tanpa ada baksonya dan hanya ada 4 orang saja yang mengelola warung tersebut termasuk pemilik Subur Group. Dalam perjalanannya sering terhambat berbagai problem / masalah mulai dari transportasi yang kurang memadai, sarana dan prasarana yang kurang mendukung hingga sampai omset yang masih sedikit. Namun hal itu tidak membuat pemilik Subur Group patah arang dan putus asa. Dengan semangat pantang menyerah dan senantiasa bekerja keras lama kelamaan warung Subur Group berkembang. Selang setahun kemudian tepatnya tahun 1996, Subur Group membuka cabang di samping Polsek Banjarbaru Kota dan setahun kemudian membuka cabang lagi di simpang lampu merah sekumpul Martapura. Dalam perkembangannya masih saja ada masalah yang membelitnya sepeti masalah di atas tadi, namun hal itu tidak menyurutkan niat dan prinsip untuk berwirausaha. Kemudian pada tahun 1997 krisis moneter menghantam Indonesia, akan tetapi hal itu tidak begitu berdampak di Kalimantan Selatan sehingga tidak menimbulkan masalah yang begitu berarti bagi Subur Group. Kemudian pada tahun 1998 dan 1999 Subur Group kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka cabang di Simpang 3 Guntung manggis ( yang sekarang menjadi Rumah Makan Subur Group Lesehan berlantai 2 ) dan di samping pom bensin Loktabat. Kemudian pada tahun 2000 datanglah seorang teman yang berasal dari Kabupaten Grobogan juga yang kebetulan memiliki keahlian di bidang pembuatan pentol bakso. Dari ide kreatif itulahmuncul gagasan untuk ditambahkan menu bakso di setiap warung atau outlet yang sudah ada. Alhamdulillah dengan ridho ALLAH SWT lama kelamaan omset semakin bertambah dan pada tahun 2000 karena dapat rejeki yang bertambah maka pemilik Subur Group membeli sebuah rumah di jalan Mistarcokrokusumo yang sekarang menjadi Rumah Makan Subur Group Lesehan.

Seiring berkembangnya outlet dan warung Subur Group, penambahan tenaga kerja / karyawan mutlak harus dilakukan agar bisa mengoptimalkan aktivitas Subur Group. Kemudian pemilik Subur Group mengajak beberapa saudaranya dari jawa untuk membantu aktivitas di warung- warung atau outletnya. 2 tahun kemudian Subur Group membuka cabang di Bundaran Bandara Syamsudin Noor Landasan Ulin dan di jalan A. Tani KM 7,5 Manaraf. Dari semua warung atau outltt tersebut hanya masih menyediakan menu mie ayam dan bakso saja. Seiring berkembangnya usaha, maka pemilik Subur  Group mencoba menambah modal dari pinjaman ke Bank meskipun hanya berskala kecil. Lambat laun usaha tersebut berkembang dan menambah cabang di wilayah Gambut tepatnya di seberang Pasar Gambut dan di samping terminal liang anggang. Tidak terasa sudah 9 cabang yang berhasil didirikan, hal itu pemilik Subur Group semakin menambah semangat dan totalitas dalam berwirausaha meskipun ada saja masalah yng selalu menghampiri. 2 tahun kemudian Subur Group kembali menambah cabang di daerah Banyu Hirang ( Kabupaten Tanah Laut ), di Pesayangan, Cempaka, Pasar Ulin, dan Pasar Martapura. Pada tahun 2004 mun cul ide untuk merubah konsep dari yang hanya menyediakan menu mie ayam dan bakso saja, kemudian ditambahkan menu Nasi Goreng, Mie Goreng, Mie Kuah, Capcay, Lalapan, dan lain - lain di Outlet Jalan Mistarcokrokusumo Sungai besar. Kemudian pada tahun 2006 Subur Group mencoba bekerja sama dengan Angkasa Pura I dengan system KONSESI. Angkasa Pura I menyediakan lahan yang kita sewa yang kemudian kita membayar sewa dan royalty dengan besaran angka sudah disepakati oleh Subur Group dan Angkasa Pura I dan dibangunlah Rumah Makan Wisata Bandara yang terletak di seberang Bandara Syamsudin Noor Landasan Ulin yang menyediakan bebagai macam menu makanan dan minuman hingga jumlahnya sekitar seratusan menu karena untuk memenuhi tuntuan konsumen. Kemudian pada akhir tahun 2009 Subur Group kembali membuka cabang di jalan Rahayu samping STM YPK dan mengakuisisi Depot SOLO IN Loktabat. Kemudian pada tahu 2010 Subur Group lagi – lagi membuka cabang di depan RS. SARI MULIA Banjarmasin dan kembali mengakuisisi Warung SOLO IN AMAKO di jalan Karanganyar Loktabat Utara.



Sampai sekarang total outlet ada 22 cabang yang terus dikembangkan dan disertai dengan pembenahan system manajemen mutu yang berkualitas di segala aspek perusahaan mulai dari aspek tenaga kerja, pergudangan, operasional, administrasi, dan segal aspek yang berhubungan dengan aktivitas perusahaan. Sedikit demi sedikit sistem mulai dirubah kea rah perusahaan modern dan diimbangi dengan perbaikan sarana dan prasarana untuk menopang jalannya perusahaan.

Dengan menganut sistem Sentralisasi ( Pemusatan ) maka akan memudahkan untuk mengontrol dan mengawasi arus keluar masuknya barang dari supplier ke gudang yang kemudian disalurkan ke seluruh outlet. Karena Subur Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa boga / kuliner, maka operasionalnya sangatlah berbeda dengan perusahaan manufaktur karena Subur Group memiliki ciri langsung bersentuhan dengan konsumen. Maka harus berhati – hati agar terhindar dari kesalahan fatal yang bisa merugikan perusahaan.


BIOGRAFI PEMILIK

NAMA                      : H. SUGIYANTO
TTL                         : Grobogan, 25 Desember 1969
ALAMAT                  : JL. Mistar Cokrokusumo Kompleks BCB Ratu Elok. Sungai Besar. Banjarbaru. Kalimantan Selatan
NO HP                    : 0811 50 8183
ISTRI                     : Hj. TUMIATI
ANAK                     : FITA HANGGRAENI
                               WAJAR ALFIAN NOOR
KANTOR PUSAT     : JL. Mistar Cokrokusumo Kompleks BCB Ratu Elok. Sungai Besar. Banjarbaru. Kalimantan Selatan
TELP. KANTOR       : 0511 477 4121
EMAIL                     : gianto@suburgroup.com
WEBSITE                 : www.suburgroup.com
FACEBOOK              : Subur Group

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS